Senin, 27 Mei 2013

H. Bambang Setiadi : Smart City untuk Kota Bandung

Bandung (Media Center Balex) – Membangun sistem informasi dan monitoring untuk mendukung konsep Smart City sebagai penerapan teknologi informasi untuk tata kelola pemerintahan Kota Bandung yang terintegrasi dalam satu atap sistem. “Melalui pembangunan Ruang Kontrol, Ruang Analisa, Ruang Informasi, Ruang Monitoring, Ruang Operasional, dan pembangunan Ruang ICT”.
H. Bambang Setiadi mengatakan Smart City adalah sebuah konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. Smart City cenderung mengintegrasikan informasi di dalam kehidupan masyarakat kota.

Untuk itu, H. Bambang Setiadi menawarkan aplikasi Smart City, yaitu suatu layanan berbasis sistem satu atap, dengan memberikan layanan secara terpadu.Smart City menawarkan satu set lengkap layanan IT termasuk situs internet dan aplikasi, layanan hosting dan layanan dukungan profesional lainnya yang disesuaikan untuk setiap pelanggan kami, tambah Bambang Setiadi calon Walikota Bandung dari jalur perseorangan ini.

“Konsep Smart City untuk Kota Bandung diantaranya membangun Ruang Sistem Monitoring”, bertujuan untuk memonitor seluruh kegitan perangkat pemerintahan maupun kegiatan masyarakat sampai dengan tingkat RW dengan membangun Jaringan Internet maupun Intranet berbasis Wireless di Kota Bandung atau meminta Operator Celuler dengan mendukung dibangunnya jaringan HotSpot di seluruh wilayah Kota Bandung.

“Membangun Sistem Monitoring Bencana Alam (Banjir, Gn.Berapi, Longsor, Gempa, Tsunami dll), membangun Sistem Monitoring Curah Hujan (Sensor Baru maupun eksisting), Membangun Sistem Desa/RW Cerdas (Laporan, Administrasi dan Usaha Mandiri), Membangun Sistem Perijinan berbasis internet : yang bertujuan untuk menghindari antrian di dalam pengurusan seluruh perijinan, untuk menguragi kemacetan, dan yang terakhir membangun Sistem Absen Sidik Jari / Fingerprint yang ter-integrasi dengan DataBase kepegawaian”.

Sementara itu, H. Bambang Setiadi juga mengatakan pembangunan Sistem Monitoring yang Ter-Integrasi Lintas Biro dan Bagian di Pemerintahan Kota Bandung melalui Monitoring Sistem Lurah/RW Cerdas dengan cara membangun Sistem Jaringan Internet Tanpa Bayar dengan memanfaatkan Teknologi Berbasis Wireless. Sistem monitoring ini nantinya akan berfungsi sebagai Pendidikan Masyarakat, Pembinaan dan Pendidikan Pemuda, kemudian Pembinaan Menjadi Usaha Mandiri, juga dapat berfungsi untuk memonitor seluruh kegiatan pemerintahan dan sistim Administrasi, pungkasnya.

Adapun tahapan-tahapan dalam pelaksanaannya, yang harus dipersiapkan pertama perencanaan dan desain interior untuk Ruang Monitoring, kemudian disusul persiapan, perencanaan dan desain Aplikasi serta Networking di Ruang Monitoring.

sumber : http://www.bambangsetiadi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar