Jumat, 08 Maret 2013

Hanya Balex yang Penuhi Syarat Calon Independen

INILAH, Bandung - Pasangan Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim memenuhi syarat dukungan dalam verifikasi awal jumlah dukungan untuk maju dari jalur perseorangan atau independen di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013. Pasangan tersebut berhasil meraih bukti dukungan lebih dari yang disyaratkan minimal sebesar 80.678 suara.

Pasangan yang disebut Balex itu mengumpulkan dukungan yang sudah diverifikasi pada tingkat Panitia Pemungutan Suara sebesar 84.094. Tetapi mereka pun memiliki dukungan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 23.429.

Sementara tiga pasangan lain, yakni Budi 'Dalton' Setiawan-Rizal Firdaus, Wawan Dewanta-M Sayogo, dan Wahyudin-Tonny Apriliani mesti memperbaiki jumlah dukungan kalau tetap ingin maju di Pilwalkot Bandung.

"Yang memenuhi dukungan verifikasi dan rekapitulasi awal, sesuai syarat jumlah dan memenuhi syarat hanya pasangan Bakal Calon Balex. Sementara yang belum memenuhi syarat, dipersilakan menyerahkan tambahan jumlah dukungan sebanyak dua kali dari dukungan yang tidak memenuhi syarat," ucap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Apipudin usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Jumlah Dukungan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung tahun 2013 dari Jalur Perseorangan tingkat Kota Bandung di kantor KPU Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Jumat (8/3/2013).

Pasangan Budi 'Dalton' Setiawan-Rizal Firdaus hanya bisa membuktikan berkas dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 35.788. Sementara berkas yang tidak memenuhi syarat sebanyak 54.659. Kemudian pasangan Wawan Dewanta-M Sayogo mengumpulkan 72.691 berkas dukungan yang memenuhi syarat dan 21.256 berkas tidak memenuhi syarat. Terakhir pasangan Wahyudin-Tonny Apriliani hanya bisa membuktikan 56.829 berkas dukungan yang memenuhi syarat dan 27.034 berkas tidak memenuhi syarat.

"Kekurangan pada hasil rekapitulasi hari ini adalah Budi Setiawan-Rizal Firdaus perlu 109.318 berkas dukungan lagi, Wawan Dewanta-M Sayogo perlu 42.514 dukungan lagi, dan Wahyudin-Tonny Apriliani perlu 54.068 berkas dukungan. Nanti dukungan itu diverifikasi lagi, kalau tetap tidak memenuhi syarat dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk maju sebagai Calon Wali Kota di Pilwalkot Bandung," tandasnya.

Menurut Apipudin, bakal pasangan memiliki waktu melengkapi berkas dukungan pada masa perbaikan selama 5 hari, mulai 25-29 Maret 2013. Berkas dukungan yang tidak memenuhi syarat karena ada dukungan ganda, meninggal, atau pindah.

"Tetapi semua bisa mendaftar pada 10-17 Maret 2013 nanti. Tetapi yang tidak memenuhi syarat jumlah 80.678 suara harus segera melengkapi," pungkasnya.[ang]

Sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar